Cappadocia Turkey June 4, 2016

Rekor delay pesawat saya yang dulu 12 jam terpecahkan dengan rekor baru, kali ini karena

kendala cuaca, kalau traveling saat winter ada rute perjalanan menggunakan pesawat terbang

musti siap-siap kendala badai salju. Dari Istanbul kita memutuskan untuk menghabiskan

Malam Tahun baru di Cappadocia, tapi penerbangan yang hanya 1 jam 20 menit seharusnya

jadi hampir 16 jam menunggu, harusnya kita berangkat pukul 3 sore, karena hujan salju

di Istanbul jadwal penerbangan terus terus diundur, tepat tanggal 31 December saya terbang.

Sampai malam belum juga ada kejelasan dan dramanya adalah jam 11 malam kita sudah naik

ke pesawat tiba-tiba ada penumpang yang turun dari pesawat dan balik ke Terminal, karena

unsur keselamatan pilot tidak mau terbang karena takut orang yang tiba-tiba turun itu

meninggalkan sesuatu di dalam pesawat, TURUN LAGI DONG DARI PESAWAT dan sudah

ditunggu banyak polisi saat turun pesawat. Persis seperti adegan di film film, ditambah salju

yang turun, ya akhirnya menghabiskan malam tahun baru di Airport dan ketiduran, jam 5 pagi

baru bisa terbang ke Kayseri. Karena tujuan selanjutnya setelah Istanbul adalah Cappadocia,

kita pilih Airport Kayseri karena harga tiket nya lebih murah dan

Sudah pasrah pas sampai di Kaysheri gimana nasib

kita, siapa yang jemput ? kan semua jadwal sudah berubah dan tidak ada wifi saat di Airport

Domestik Istanbul saat kejadian delay tersebut. Ternyata saat keluar dari bandara ada nama

saya di plang penjemputan ASTAGAAAA masih setia bapak supirnya ini nunggu.

Pasrah kedua adalah masalah hotel, kita sudah booking hotel yang ga murah itu dan ternyata

1 hari kita telat dateng, ternyaat pihak hotel Sultan Cave Hotel tidak charge sama sekali

bookingan kita sehari kemarin karena telat sampai dan bisa check in jam 9 pagi.

Kamar kita bener-bener di dalam cave, jadi suka ada serpihan-serpihan putih di lantainya, seru

View dari lobby hotel, Breakfast nya enak enak, Staff nya sangat friendly dan pihak sultan cave hotel

sangat aktif di social media Instagram, bisa di check instagram mereka dan selamat terpukau

sama keindahan hotel dan cappadocia.

Sampai di hotel langsung tidur dan sorenya baru mulai jalan explore kota Goreme.

Saya tinggal di daerah Goreme, kalau bisa nyetir mobil disana kayaknya lebih enak dan puas

explore daerah sekitarnya. Keesokn harinya tanggal 2 January 2016 kita bakal naik

balon udara dan itu adalah kali pertama balon udara  terbang di tahun 2016. Excited !

Karena booking via hotel jadinya kita dipilihin tour balon udara yang kerja sama dengan pihak

hotel, waktu itu saya menggunakan Butterfly Balloons Company, biarpun balon udaranya

tidak cantik / berpattern tapi karena toh kita ga bisa foto balloon udara kita sendiri

jadi lebih bagus ngeliat balloon udara company lain hehe.

Jam 5:30 di jemput di hotel, sarapan dulu di kantor tempat tournya, dan akhirnya kita di bagi

kedalam beberapa mobil dengan mengingat nama pilot balon udara kita. Waktu itu saya

dan kakak saya pilih ballon udara dengan kapasitas 12 orang, semakin dikit orangnya maka

semakin mahal harganya.

Setiap semburan api seperti ini merupakan kebahagiaan haha, karena jujur ini dingin banget lho.

Kita masuk ke dalam basket dan siap terbang, karena disekat-sekat jadi selama di atas

kita ga bisa pindah-pindah tempat, jadi view yang kita dapat tergantung amal dan nasib kita sepertinya.

Nah seperti ini wujud dan skala besarnya balon udara, balon udara yang saya naiki bener-bener

ngiklan yah tidak ada patternnya, tapi disitu bagusnya ….. kita jadi foto balon udara orang lain

yang bagus-bagus patternnya.

Tanpa kerasa tiba-tiba sudah terbang aja wiii seru sekali melihat sunrise dengan pengalaman

seperti ini, buat yang tanya ini tuh festival ya ? BUKAN ! di goreme cappadocia balon udara

atau hot air balloons memang selalu ada sepanjang tahun nya setiap hari (selagi cuaca mendukung)

Sebelumnya saya memang mendamba-dambakan naik balon udara di cappadocia, tapi ga nyangka

bakalan naiknya saat winter dan ternyata lebih cantik pada saat winter.

Karena semua bukitnya ditutupi salju kali ya alasan kenapa saya bilang lebih cantik saat winter.

Kalau bangunannya seperti ini artinya kita sudah melewati wilayah Goreme, karena semua

bangunan di Goreme memang berbentuk Gua gua.

Naik balon udara memang ga murah (280 euro) tapi semua itu worth it sekali.

Banyak sekali stock foto saya dengan view seperti ini, tidak pernah bosan ……

Hebat banget pilotnya kita bisa menyusuri lembah-lembah ini dengan jarak yang dekat

saya sudah ketakutan bakal nabrak aja, tapi dengan ngampangnya pilot bisa nyelip-nyelip.

Mau tau berapa dinginnya saat kita naik diatas balon udara ? -35 derajat celcius ( ya minus )

Setengah perjalanan karena saya sudah tidak bisa merasakan tangan saya sendiri saking dinginnya

saya berhenti foto-foto, berkali kali saya mencoba melihat ke arah bawah tapi kenapa sama sekali

tidak takut / geli ya perut . Apa yang membuat balon udara begitu nyaman ?

Sangat-sangat cantik dan indah sekali

Tempat pendaratan

Pilot dengan team di bawah saling kontak kontakan lewat HT kasi koordinasi tempat kita bakal

mendarat, nah pas mau landingny ternyata lebih seru karena kita semua ber12 di dalam basket

itu ikut ambil peran dalam pendaratan, dengan gaya-gaya yang diarahkan dan susah untuk dijelaskan.

Setelah berhasil mendarat dengan sempurna, segera dibuatkan api unggun (SURGAAA)

akhirnya kembali bisa merasakan jari tangan dan kaki, liat ga orang korea yang ga pakai kaos kaki

di foto itu ? YEAP ! agak extreme sih, jelas – jelas ini dingin banget . Hot wine & Champange setelah

mendarat dan kita dapet kenang-kenangan berupa sertifikat.

Jam 8 tour balon udara sudah selesai, kita kembali ke hotel dan langsung riweh chat mama,

group dan pastinya upload socmed mengenai pengalaman kita beberapa menit yang lalu.

Istirahat sebentar di hotel dan langsung melanjutkan tour untuk melihat underground city

melihat beberapa valley terkenal dan nyobain makanan khas turkey yang katanya enak.

Underground City (kaymakali) terdapat 36 underground city di daerah

cappadocia nah salah satunya yang aku datengin, berhubung pakai tour jadi kali ini di jelasin

detail sama tour guidenya. Arrange tour nya lagi – lagi dari pihak hotel, Sultan Cave suite hotel is the best

Pertanyaannya kenapa ada underground city ? ternyata itu tempat bersembunyi . Kalau zaman

sekarang membangun semakin tinggi, zaman dulu membangun lebih dalam / rendah, mulai dari tempat

ternak, tempat masak, tempat beol, dan tempat untuk beristirahat , gereja, gudang

ada di dalam tanah, coba bayangkan.

Kirain ada paparazzi di Kaymakali ternyata selesai tour di underground city ada souvenir

muka saya dan kakak saya.

Setelah dari underground city kita ke village ini (ya bagus lupa lagi namanya) begitulah saya

kalau ikut tour hehe, namanya susah dikit ya males buat inget inget. HIKS

Makan siang di daersh Avanos

Tempat makan siangnya, bagus

Hot pot kebab, enak sekali sensasinya

Turkish coffee, tapi saya pribadi lebih suka turkish tea / apple teanya di turkey.

Setelah makan siang agenda tempat yang bakal kita kunjungi ternyata masih banyak

Imagination Valley

Ya imajinasiin aja ada batu batu yang mirip unta, ada mirip elvis dan sebagainya lebih kayak main

quiz ini jatohnya sama tour guide dan temen-temen yang lain.

Piggeon Valley

Seharusnya banyak burung merpati disini , tapi sayang kita hanya menemukan beberapa saja

mungkin sedang bersembunyi karena kedinginan ?

Foto-foto ini diambil menggunakan kamera fuji (entah seri nya apa) karena minjem sama temen.

Makasih dyat kameranya bagus sekali hehe

Di daerah Uchisar

dan yang terakhir di dalam rangkaian tour hari itu adalah mengunjungi Mushroom Valley

2 hari berturut – turut setelah naik balon udara selalu ke balcon kamar buat liat balon udara

entah emang ga terbang / telat bangun jadi enggak pernah liat tuh

Kamarnya di upgrade, kita cuma berdua kasurnya banyak amat

Jadi kita pergunakan 2 kasur ini untuk baju-baju kita, tebar sana sini kita berantakan diatas kasur

Nyaman sekali tinggal di sultan cave suite hotel

masih di area hotel

view dari lobby sultan cave memang terbaik

Belanja killim

Kakak saya yang hobby dekor ya kalap sama sarung bantal dan karpet, koper sudah pasti tambah berat

Tripadvisor sangat berperan di Cappadocia, setiap restaurant / tour agent / cafe / tempay jual rug

berlomba-lomba meminta rating dan comment di tripadvisor.

Suasana hotel- hotel di kota Goreme

Licin

Jalan kaki dari hotel sampai ke Goreme Open Air Museum

Menjumpai ini di dalam perjalanan, letaknya bersebelahan dengan evil eye tree

Spot foto yang harus dikunjungi, ga boleh kelewatan.

Open Air Museum

Kita masuk ke dalam lubang-lubang sempit itu dan ternyata di dalamnya terdapat ….

Gereja – gereja dengan detail mosaik yang masih terlihat

Ada lebih dari 10 gereja di area goreme open air museum ini

Gugusan bukit batu di open air museum

Harus bisa kembali lagi ke Turkey suatu saat nanti.