Lombok Nusa Tenggara Barat June 27, 2016

Waktu itu memilih untuk tinggal di Mataram karena beberapa alasan :

1. Damri dari bandara Lombok Praya hanya ada ke Mataram / Sengigi , tidak ada ke daerah kuta.

2. Mataram pusat kota jadi bakal gampang cari tempat makan enak.

3. Karena cuma punya waktu 3 hari 2 malam saja tapi banyak sekali yang mau dikunjungi, jadi

Mataram merupakan titik tengah dari beberapa destinasi yang mau kita kunjungi.

Dari airport kita langsung naik damri menuju Mataram (Rp 25.000) kalau sewa taxi / travel

bisa Rp 150.000 – 200.000. Setelah sampai di Mataram mencari penginapan dengan

menyewa ojek, pilihan daerah menginap di Cakranegara, banyak hotel-hotel kecil Start from

Rp 150.000 – Rp 350.000 / malam, cocok buat yang kayak kita, karena seharian gak bakal

di hotel juga jadi cukup yang AC dan WIFI saja. Sewa motor Rp 75.000 / hari.

Ayam taliwang enak di daerah cakranegara Ayam Taliwang Pak Udin di jalan Gelatik.

Jauh juga ya dari mataram ke daerah kuta, kita sampai di pantai tajung aan

sepi banget, bisa dihitung dengan jari orang yang berenang / datang kesini.

Padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai kuta lombok.

Terima kasih untuk siapapun yang beride pasang ini di pantai.

Suka banget sama pantai ini karena selain sepi juga tidak ada restaurant / cafe / hotel

bener-bener tenang, tidak ada juga pedagang yang seperti di pantai kuta memaksakan

dagangannya sampai kita harus beli.

Ayunan seperti ini yang bikin lombok sangat terkenal di social media, sayangnya restaurantnya

sudah tutup, hanya saja ayunannya masih terpasang . Kalau mau foto harus berenang dulu

karena memang lokasinya di tengah-tengah air.

Setelah selesai berenang kita bisa langsung ke bukit yang tadi sudah terlihat di foto sebelumnya

namanya bukit meresek.

Ini kali kedua saya ke Lombok, kunjungan saya yang pertama sama sekali tidak melihat

keindahan lombok karena waktu itu musim hujan, nah sekarang baru indah.

Pilihan tempat makan siang / snack saat berada di daerah ini bisa ke

Ashtari Lombok, viewnya bagus tapi emang harganya agak mahal.

Pantai Kuta

Untuk pantai, bagian selatan lombok memiliki banyak pantai yang indah ketimbang di daerah

Senggigi, jadi kalau kalian punya lebih banyak waktu bisa stay lebih lama di daerah kuta

supaya bisa explore lebih banyak pantai lagi.

Pantai Pandanan

Kalau sudah ke pantai tanjung aan, pantai kuta & pantai mawun. Semua pantai di daerah senggigi

salah satunya Pantai Pandanan ini terlihat sangat biasa, Tapi satu kelebihannya adalah

Fresh Grilled fish yang di tawarkan di pantai pandanan, jadi cocoknya buat makan siang terus

berenang di lanjutkan tidur siang, karena terdapat banyak gubul-gubuk di pinggir pantai.

dari daerah Sengigi kita melanjutkan perjalanan ke Bangsal untuk menyebrang ke

Gili Trawangan , Transport dari Senggigi + Tiket kapal Rp 60.000 ( di arrange oleh pihak hotel).

Harga tiket kapalnya sendiri Rp 15.000. Karena uda tidak ada motor dan naik taxi akan jauh lebih

mahal, jadi kita memutuskan untuk ikut tawaran hotel Rp 60.000 / orang include tiket kapal .

Untuk kalian yang hanya one day trip ke gili jangan sampai termakan omongan orang-orang

di Bangsal yang mengatakan bahwa kapal hanya ada sampai jam 3 untuk kembali ke lombok.

Nyatanya jam 5 pun masih ada pilihan kapal untuk kembali ke Lombok dari gili trawangan.

Langsung aja dateng ke loket jangan dengerin calo calo tiket yang ngeselin dan bikin bingung.

Pearl Beach Club Gili Trawangan

Pilihan penginapan rekomendasi selama di Gili Trawangan :

Le Pirate Gili Trawangan

Sunset Palms Resort

Kaleydo Villas

Le Petit Gili

Gili Treehouse

Palmeto Village

dan masih banyak lagi hotel – hotel kecil lainnya , harganya juga beragam.

Saran saya kalau memang mau stay di penginapan yang enak lebih baik

booking jauh-jauh hari karena selalu full. Tapi kalau memang mau cari

yang murah dan menentukan lokasinya saat sampai disana lebih baik go show.

Banyak penginapan Start from Rp 200.000 yang bentuknya seperti kost-kostan

AC, WIFI hanya tidak ada view / kolam renang.

Kalau disuruh balik ke Gili lagi saya akan memilih Gili air untuk menginap

karena Gili trawangan terlalu ramai untuk saya.

Tempat terbaik untuk menghabiskan hari, melihat sunset Casa Vintage

Sebisa mungkin saya aktif di setiap perjalanan saya di Snapchat (siahaansamantha)

Selagi ada wifi & battery, karena kalau di Instagram semua fotonya ga pernah

update dan bersifat telat di upload, jadi kalau mau di add snpachatnya silahkan,

ya kalau ga trip isinya cuma anjing saya

dan kegiatan jalan-jalan di bali selama weekend. Cheers !