Bromo Jawa Timur

Dari Jogja ke Malang naik kereta berangkat sekitar jam 9 malam dan sampai di Malang sekitar jam 5 subuh.

Sesampainya di Malang kita harus langsung menuju termial Bus untuk lanjutin perjalanan ke Probolinggo.

Karena belum punya info yang pasti, muka kebingungan kita jadi sasaran empuk tukang ojeg dan taxi,

karena mereka terlalu maksa dan ribut banget, akhirnya aku nyamperin Ibu-ibu penjaga loket tiket

” ┬áBu kalau ke Terminal Bus dari sini selain naik angkot dan Taxi naik apa lagi ya ” Jawab si Ibu ” Angkot “

Jalan sekitar 5 menit dari stasiun nanti ada angkot warna hijau naik dari situ bilang ke Terminal Bus

Harganya Rp 2000,- , Terima Kasih ibu saya sudah lepas dari paksaan tukang Taxi & Ojeg

dan saya dapat harga murah menuju Terminal Bus.

IMG_5213 2

Di Terminal Bus malang kita nunggu bus AKAS (yang pake ac alami) membawa kita sampai di Probolinggo, harganya Rp 12.000,-

Dari Probolinggo ini yang susah nyari transport menuju Cemoro Lawang (bromo) pilihan satu-satunya adalah naik

Bison (sejenis L300) yang harganya Rp 250.000, Untung-untung kalau banyak orang jadi bisa dibagi 10.

Tapi karena waktu ini kita cuma berempat dan setelah nunggu sekian lama blm ada yang join juga, akhirnya Rp 250.000 dibagi 4

masing-masing orang bayar Rp 62.500 untuk sampai di Bromo.

Penginapan cari yang murah-murah aja deh Rp 150.000/malem, basic banget, WC nya jongkok. Lempar ransel langsung

tidur siang karena perjalanan Jogja – Malang – Probolinggo – Bromo.

Bangun tidur siang langsung naik kuda ke Gunung Batok , harga naik kuda pulang pergi + ditungguin Rp 100.000

Seru banget pengalaman naik kuda di tengah pasir-pasir bromo, siang itu turun hujan dan buyarrrrrrrr basah sekuda-kudanya.

Untuk sampai kesini cuma perlu stamina naik tangga aja, treknya uda jadi.

Di puncak gunung batok ini banyak penjual bunga edelweis, banyak yang beli ngucapin permintaan dan buang ke bawah

ke bagian asep-asep itu, eh ternyata abang-abang yang jualannya rela turun kebawah nyariin bunga yang gagal lempar

alias nyangkut-nyangkut terus dijual lagi * hihihihi harapan kalian yang lempar bunga dan nyangkut kembali ke orang lain*

Bromo itu penuh tipu-tipu, banyak orang-orang yang keliatannya ramah ngajak kita tour taunya harganya dimahalin 2x lipat, hati-hati ya

Ga tau nih ya ini kena tipu juga atau enggak tapi kita akhirnya sewa jeep untuk sunrise + pasir berbisik + bukit teletubbies seharga Rp 350.000

IMG_5204 2

Mata masih bengkak karna bangun jam 4 pagi, tapi pemandangannya luar biasa, jalan untuk menuju tempat ngeliat sunrise aja masih gelap banget

Orang uda ramai ternyata diatas berebut cari spot paling enak, lebih banyak bule daripada domestik pada saat saya kesana

Kangen Nasi Pecel di Bromo, Rp 10.000 dan enak banget

IMG_5273 2

Lokasi Shooting pasir berbisik

Bukit Teletubbies, ini view yang paling juara.