Pulau Rinca NTT

IMG_6995

Kembali lagi menginjakan kaki di Labuan Bajo, tapi kali ini kami tidak bermalam di Labuan Bajo melainkan

langsung menyusuri laut flores untuk menuju pulau-pulau yang ada di Taman Nasional Komodo.

Nama kerennya Liveaboard, jadi selama 3 hari 3 malam kita akan tidur, makan, pup di kapal tersebut.

Crew kapal terdiri dari 3 orang : Kapten, Asisten kapten & Koki. Jangan takut kelaperan karena supply

makanan telah disediakan, mulai dari makanan camilan sampai makanan berat, buah-buahan dan air mineral.

Tapi ga ada salahnya kalau kita nambah perbekalan di Labuan Bajo. Perlu diketahui untuk menuju pulau-pulau

seperti Pulau Rinca, Pulau Komodo memakan waktu 1 – 1,5 jam dari Labuan Bajo.

Untuk kontak dan harga kapal bisa coba langsung hubungi

Bapak Abdul Asis 08133723531 atau Pak Armand 08145286563

sewa kapal mulai dari 2D/1N , 3D/2N atau bisa dipilih sesuai keinginan dan budget.

Kapal juga bisa dipilih dari yang Ber AC atau ber Kipas Angin. Seru kalau berbanyak sama temen-temen

jadi ga terlalu mahalĀ  karena dibagi sekitar 8 orang, kayak contohnya kita pilih 4 hari 3 malam

dengan rute dan pilihan pulau yang kita tentukan totalnya 5 juta dan kita ber 6,

jadi ga sampe 1 juta lho kita bayar. Baru kapal aja sih, belum termasuk

snorkeling gear dan biaya masuk taman nasional.

DSCN0934

Belum berapa lama kapal jalan, sudah tercium wangi-wangi makanan enak, langsung disunguhi seperti ini.

IMG_8909

Naik keatas kapal, sambil makan siang dengan pemandangan seperti ini, surga bener.

Kalau uda memutuskan untuk kesini, apalagi pake jasa liveaboard musti pasrah item, karena setiap harinya

berpuluh-puluh jam kita bakal kena matahari, mau pakai sunblock setebel apapun, tetep bakal gosong.

DSCN0943

Makan siang selesai, uda sempet istirahat dan leyeh-leyeh di kapal, sampai lah kita di Loh Buaya atau biasa disebut

Pulau Rinca, disini salah satu spot untuk melihat komodo secara langsung. Sama seperti kunjungan saya pertama

harga masuk perorang Rp 90.000 (tapi ini tiket terusan jadi kalau setelah ke pulau rinca kita ke pulau komodo,

tidak dikenakan biaya lagi) Harga bawa camera Rp 20.000/camera.

Pada ngumpul di bawah dapur dan males-malesan.

IMG_8960

Trekking siang bolong, matahari bener-bener diatas kepala, tapi pemandangan savana dan bukit-bukitnya

bikin lupa sama panas. Kita jalan ber 6 dengan 1 orang guide.

Pemandu kita bawa tongkat ini, pas kita tanya dia bilang ini buat berjaga-jaga kalau misalnya

tiba-tiba ada komodo lewat pas kita mau trekking, tapi ternyata selama perjalanan

kita sama sekali tidak melihat satu ekorpun komodo.

IMG_8985 IMG_9011

Pemandangan dari atas Pulau Rinca.

Karena uda pernah ngerasain menyusuri Taman nasional komodo dengan 2 cara :

1. Setiap hari bolak-balik Labuan bajo dan beberapa pulau

2. Liveaboard , keliling beberapa pulau

pilihan ke 2 yaitu Liveaboard dirasa lebih menghemat biaya dan waktu, dari segi puas banget juga

pilihan nomer 2 lebih puas, karena bangun-bangun uda terombang ambing diatas laut dengan pemandangan

matahari terbit yang luar biasa, tapi kalau memang mabuk laut, ga disarankan pilih Liveaboard.