Manchester United Kingdom

IMG_5986.jpg

Niat untuk kembali ke Manchester lagi untuk bisa nonton match di Old Trafford akhirnya kesampaian

juga, saat itu saya yang berdomisili di Jerman apply untuk jadi member manutd supaya bisa

beli tiket match yang lebih murah. Pengalaman saya pertama kali ke manchester bisa dibaca

disini.  Waktu ini memang nonton dengan paket VIP sehingga tidak mengharuskan saya join member.

Cara join member cukup mudah yang paling dibutuhkan adalah kartu kredit. Member berlaku hanya

1 musim saja, cara joinnya yaitu dengan mendaftar via website resmi Manutd.

Cukup mengisi form dan mengikuti arahan dengan membayar 32 pounds (tahun 2014) saya sudah bisa

menjadi member Manutd selama satu musim. Keuntungannya adalah saya bisa bidding tiket / beli

tiket match biasa dengan harga  murah , waktu itu saya memutuskan untuk kembali menonton match

di Old Trafford pada game Home terakhir di musim itu. Tiket saya beli seharga 42 pound

Kartu member saya dapat duluan di awal musim dikirim beserta souvenir seperti notebook, pen,

gantungan kunci, pin, dan postcard . Kartu member adalah yang terpenting tapi sayang mereka

salah menyetak nama sehingga keterangannya adalah Mrs. hahaha, kartu member itulah

yang akan menjadi tiket kita masuk ke Old Trafford. Tidak ada wujud tiket kertas, semua elektonik.

Kartu member ilang artinya tidak bisa menonton hehe.

IMG_5902.jpg

Karena saya datang di Manchester lebih awal dari jadwal match saya memutuskan untuk

gimana caranya saya bisa ketemu pemain sebanyak-banyaknya. Pada kesempatan pertama

saya tidak punya banyak waktu di Manchester sehingga belum berkesempatn ke tempat latihan.

Sekarang tekat saya sudah bulat harus ke Carrington mencegat pemain yang baru keluar latihan.

Ya yang kalian semua khawatirkan adalah GIMANA CARA MENUJU KESANA ?

sudah panik duluan sebelum mencoba browsing di google, hehe . Keyword yang saya ketik

waktu mencari tau cukup mudah dan kalian semua sepertinya bisa melakukan hal yang sama.

Tapi karena sudah membaca tulisan ini ada bonusnya saya kasi shortcutnya tanpa kalian harus

buka google ya, Dari manchester picadilly cari bus nomor 255.

Berapa harga bus nya ? turun dimana ? HAYO BERUSAHA BUKA LINK NYA DAN CARI TAU.

Kalau kalian sudah bisa sampai manchester apalah arti harga naik BUS, pasti bisa bayar,

ga usah panik hehe . Timetablenya itu tahun 2014 ya mohon disesuaikan dengan tahun saat ini.

Jadi kalian turun di Carrington dari sana tinggal jalan kaki kurang lebih 15 menit untuk bisa sampai

ke tempat latihan Manchester United. Tidak ada plang, tidak ada toko, hanya rerumputan hijau.

IMG_6074.PNG

Kebanyakan bus di Manchester dilengkapi oleh wifi (free) jadi sambil di jalan bisa sekalian

browsing, inget ya KEBANYAKAN bukan SEMUA BUS.

DSC_1954.JPG

Para penggila manchester united sudah kumpul disini dari pagi, kebanyakan dari mereka adalah

orang Asia (korea, jepang, thailand, china dan saya Indonesia). Sudah siap dengan Jersey Manutd

nomor 10, pemain favorite saya WAYNE ROONEY tapi ternyata sedang cidera. Lagi lagi untuk

kedua kalinya saya ke manchester tidak bisa bertemu / melihat rooney.

IMG_2608.JPG

Petugas penjaga suruh kita berbaris dan memberitahu bahwa Tom Cleverly akan keluar

IMG_2605.JPG

Saya lebih suka mengabadikan foto ketimbang tanda tangan, kalau mau cium boleh deh

IMG_5910.jpg

Michael Carrik, rata-rata mobil mereka adalah Range Rover Sport. Mobil impian saya juga tuh

IMG_2613.JPG

Phil Jones, kita seumuran tapi kenapa dia tua sekali haha . Jadi bisa dilihat di foto seperti itu antriannya

kayak lagi main ular naga panjangnya. Kalau pemain mau berenti artinya jangan khawatir, semua pasti

kebagian foto bareng / tanda tangan. Jaminan deh .

IMG_2618.JPG

Kagawa, para fans dari jepang langsung deh histeris dan ngomong pake bahasa jepang. Oh ya

banyak juga fans fans yang kasi merchandise ke pemain, yah ga tau bisa sedeket ini .

Tau gitu beliin baju batik manchester united ya, siapa tau di pake ke kondangan  / gala dinner. HAHA

IMG_2632.JPG

De Gea dan Juan Mata satu mobil, mereka memang temen baik banget sepertinya diluar lapanngan.

IMG_5908.jpg

Ditawarin selfie sama de gea, yang lain ga di tawarin lho

IMG_2624.JPG

Mata yang sangat ramah. Ya memang cuma segitu pemain yang mau berenti, mungkin harus jemput

anak / istrinya makanya sisanya pada buru-buru dan enggak mau berenti. Tapi jangan sedih

masih ada 1 cara lagi biar bertemu lebih banyak pemain. Simak terus yaaaa …..

IMG_2650.jpg

Selama 5 hari di Manchester tidak ada hari dimana saya ga ke Old Trafford, biasanya siang take away

makanan saya bakal makan di depan old trafford. Ada bangku – bangku banyak. Akibat di fotoin

orang random dan enggak dikenal, HANCUR HASILNYA.

IMG_2693.JPG

Cuma ngeliatin Old Trafford, jalan-jalan keliling, ke megastore, ke munich tunnel. Tiap hari selama 5

hari disana. Gila ? ga sih cuma kayaknya bakal lama banget ga kesana lagi jadi dipuasin.

IMG_2689.JPG

Keesokan harinya (H-1 sebelum match) saya join museum & stadium tour. Booking via online

sudah tertera jadwal jam reservasi, karena kita harus bergroup tidak bisa sendiri-sendiri.

IMG_6086.JPGIMG_2858.JPG

Diberi kebebasan saat di museum kita bisa explore museumnya sendiri (tanpa guide) melihat

banyak penghargaan dan history manchester united. Tapi yang saya perhatikan adalah tampilan

atau displaynya. Ya ampun font nya bikin pusing sama layoutnya, mungkin tahun 90an ini keren

dibandingkan tahun 2010 aku ke Nou Camp beuh jauh banget museumnya sama manchester united

Nou Camp uda canggih dan tata lampunya aja uda modern sekali. Mungkin manchester united

belum ada waktu ya buat renovasi karena setiap harinya banyak dikunjungi orang.

IMG_2875.JPG

Nah baru deh saat mendekati jam kita reservasi tour di panggil untuk segera berkumpul.

Buat kalian yang mau museum tour bisa kapan aja, tapi untuk stadium tour tidak akan dibuka

pada saat hari dimana ada pertandingan, jadi saran saya H-1 pertandingan atau H+1 pertandingan

aja kalau emang mau Stadium tour.

IMG_2889.JPG

Ruang ganti para pemain, lagi – lagi membandingkan di ruang ganti pemain AC MILAN.

interiornya lebih kecil tapi semua pemain dapet kursinya satu-satu, kayak kursi balap mobil itu.

Ga tau deh lebih enak yang mana yah, tapi ruang ganti dan kamar mandi pemain manchester

united jauh lebih besar. Kamar mandinya ditutup kita ga boleh masuk.

IMG_2872.JPG

Dijelasin juga dalam stadium tour ini bahwa disini lah tempat paling bagus di old trafford

jarak pandangnya lebih dekat dibandingkan dengan tempat VIP / undangan. kenapa ?

Karena tempat ini di khususkan untuk orang yang buta . Mereka ga bisa lihat tapi supaya bisa

mendengar lebih dekat suasana di lapangan (jadi terharu)

IMG_2869.JPG

Indah sekali

IMG_2896.JPG

Kita juga disuguhi sensasi keluar dari tunnel dengan dipasangkan rekaman chant chant para fans

saat pertandingan akan dimulai. Sorak sorai nya sama persis seperti yang pemain rasakan saat keluar

dari tunnel. Diingatkan sangat keras oleh tour guide jangan sesekali berani menginjak rumput

saat stadium tour sedang berlangsung.

IMG_2900.JPG

Kita bisa duduk disini (bukan replika)

IMG_2903.JPG

Selesai sudah museum & stadium tournya, saatnya kembali ketemu pemain yang belum aku temuin.

IMG_6146.JPG

Theater of Dreams

IMG_2920.JPGIMG_2907.JPGIMG_6134.jpg

Ya pinter, seperti stadium tour lainnya juga, exit kita akan diarahkan ke megastore untuk belanja.

Tapi saya dapet kenang-kenangan (biarpun ga tulisan asli rooney ya) untuk memilih

1 pemain sepak bola favorite kita yang menyatakan terima kasih nya kita sudah berkunjung ke

Old Trafford, jadi ini hasil print ya namanya bisa di custom bukan rooney yang tulis sendiri.

Kalau kalian pernah liat postingan orang ngaku-ngaku dapet tanda tangan dari pemain

dengan format seperti ini, ketawain aja. hehe

IMG_5982.JPG

Saatnya berburu pemain, H-1 sebelum match, apabila kalian ingin bertemu lebih banyak

pemain manchester united, harap datang ke bagian belakang stadium dan stand by sampai

ada bus yang parkir dan sedikit keramaian.

IMG_2671.JPG IMG_2670.JPG

Disanalah para pemain akan datang dan naik satu persatu ke dalam bus, jadi mereka akan

tinggal di salah satu hotel sebelum pertandingan, bukan di rumah masing – masing. Dan kita

berkesempatan untuk minta foto dan tanda tangan sebelum semua pemain masuk ke dalam bus.

IMG_5980.jpg

Ketemu mata lagi

IMG_5979.jpg

Young

IMG_5976.jpg

Rio Ferdinand

IMG_5969.jpg

IMG_5973.jpg

Van Persie

IMG_5963.jpg

Janujaj (tapi enggak sempet selfie bareng)

IMG_5962.jpg

Smailing

IMG_5956.jpg

Phil Jones lagi

IMG_5947.jpg

Pelatih pada saat itu, Ryan Giggs

IMG_5953.jpgIMG_5943.jpgIMG_5944.jpg

Nani

IMG_5935.jpg

Cleverly, ada beberapa pemain yang ga muncul, entah mereka langsung ke hotel sendiri atau

bagaimana, saya juga kurang tau.

IMG_2754.JPG

Tibalah match day, saya memang anti pakai jersey bola jadi pakai jaket yang warnanya merah aja.

IMG_6040.jpg

IMG_2701.JPG

IMG_2699.JPG

IMG_2720.JPGIMG_2749.JPG

IMG_2706.JPGIMG_2713.JPG

Posisi kursi saya dengan tiket seharga 42 pound di Sir Alex ferguson stand, jangan tanyakan

posisi detailnya saya juga lupa sekali.

IMG_2734.JPG

Home game terakhir manutd musim itu, yang lagi krisis pelatih semenjak ditinggal Sir Alex.

Beruntung saya sudah pernah melihat sir alex langsung 2 tahun sebelumnya saat saya

menonton di Old Trafford.

IMG_2727.JPGIMG_2710.JPG

Dari luar stadion kita diperkenankan membawa minuman sendiri ( botol berbahan plastik)

asalkan kita buka tutupnya saat proses pemeriksaan.

IMG_6033.JPG

Keadaan saat turun minum ( half time ) antre makanan sambil komentar pertandingan tadi.

IMG_2804.JPG

Setelah selesai match saya kembali ke bagian belakang stadium untuk mencoba peruntungan

bertemu beberapa pemain yang masih belum berhasil saya temui, tapi sayangnya

seuisai match ini sudah sangat ramai, sehingga pemain pun enggan selfie hanya sekedar

tanda tangan saja. Chicarito , Fellani, Fletcher dan Scholes ada saat itu .

IMG_2793.JPG

Daren Fletcher bersama keluarga, disini juga ajang pamer mobil dan pacar / istri hehe

IMG_2790.JPGIMG_2762.JPGIMG_2765.JPGIMG_2768.JPGIMG_2779.JPGIMG_2780.JPG

Kebanyakan dari pemain Manutd mobilnya adalah Range Rover Sport, karena mereka capek abis

match jadi disetirin istri / pacarnya . Kapan ya dapet suami pemain bola di inggris ?

IMG_6082.jpg

Salah satu mall terbesar di Manchester

IMG_6081.jpgIMG_2597.JPG

Suasana kota manchester

IMG_2834.JPG

Sampai ga peduli lagi sama keindahan manchester saking fokusnya sama old trafford

dan manchester united. Saya jalan – jalan keliling tapi tidak mengabadikan

momentnya karena battery camera & HP sudah habis dipakai foto dan video

di Old Trafford. Setelah dari manchester saya akan melanjutkan perjalanan ke kota

Rival, yaitu Liverpool, bukan untuk stadium tour Anfield yang konon jelek itu

tapi untuk napak tilas The Beatles dan ikutan Magical Mystery tournya beatles.

IMG_5998.JPG

Semoga kalian yang mau mewujudkan mimpi ke Old Trafford dan ketemu pemain segera

terlaksana ya. Good Luck